WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-"FISIKA" SMP NEGERI 1 BANCAR - TUBAN

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Demi Masa.-1- Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.-2- kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Q.S. AL-ASHR (103)

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Demi Masa.-1- Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.-2- kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Q.S. AL-ASHR (103)

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Demi Masa.-1- Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.-2- kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Q.S. AL-ASHR (103)

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Demi Masa.-1- Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.-2- kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Q.S. AL-ASHR (103)

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Demi Masa.-1- Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.-2- kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran. Q.S. AL-ASHR (103)

Kamis, 15 November 2012

4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH             :  SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL                  :  Fisika-Kimia
KELAS /SMT        :  VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU                 :   4 x 1 jam pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI
        4.     Memahami bahan kimia dalam kehidupan

B.    KOMPETENSI DASAR
        4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

C.   INDIKATOR
1.     Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika.
2.     Mendata zat adiktif dan zat psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
2.     Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
3.     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
4.     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
5.     Siswa dapat Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika
6.     Siswa diharapkan memilki karakter:
w  Disiplin ( Discipline )
w  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w  Tekun ( diligence )
w  Tanggung jawab ( responsibility )
w  Ketelitian ( carefulness)

E.    MATERI BELAJAR
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN

1.     Metode                                  :  - Direct Instruction (DI).
                                                            - Cooperative Learning.

2.     Model Pembelajaran         :  - Diskusi kelompok.   
  - Ceramah.
                                                                    - Eksperimen.
                                                                    - Observasi.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
Kegiatan
Waktu

1.

Pendahuluan:
a.    Motivasi
         Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika      
b.    Pengetahuan Prasarat
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika


15 Menit


2.



Kegiatan Inti:
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat Menjelaskan cara Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,


50 Menit

3.

Penutup :
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.


15 Menit


G.    SUMBER BELAJAR
a.    Buku IPA Terpadu 8
b.    Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.    Alat dan bahan praktikum

H.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
w Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.

w Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan
Tes tulis




Penugasan
Tes uraian




Tugas rumah
Bagaimanakah cara kita terhindar dari zat adiktif dan psikotropika? Jelaskan


Buatlah data  tentang zat-zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan


Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19610413 198803 1 013                                                                                  NIP. 19660102 199001 1 001

4.4 Mendeskripsikan sifat pengaruh zat adiktif dan psikotropika


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH             :  SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL                  :  Fisika-Kimia
KELAS /SMT        :  VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU                 :   4 x 1 jam pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI
        4.     Memahami bahan kimia dalam kehidupan

B.    KOMPETENSI DASAR
        4.4 Mendeskripsikan sifat pengaruh zat adiktif dan psikotropika

C.   INDIKATOR
1.     Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat psikotropika.
2.     Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
2.     Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
3.     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
4.     Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
5.     Siswa diharapkan memilki karakter:
w  Disiplin ( Discipline )
w  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w  Tekun ( diligence )
w  Tanggung jawab ( responsibility )
w  Ketelitian ( carefulness)

E.    MATERI BELAJAR
Zat Adiktif dan psikotropika

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.     Metode                                  :  - Direct Instruction (DI).
                                                            - Cooperative Learning.
2.     Model Pembelajaran         :  - Diskusi kelompok.   
  - Ceramah.
                                                                    - Eksperimen.
                                                                    - Observasi.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.    Motivasi
Pernahkah kamu melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan diri
b.    Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jangan sampai mencoba-coba minum minuman keras dan obat terlarang

15 Menit
2.
Kegiatan Inti:
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat menyebutkan pengertian psikotropika
·         Siswa dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
·         Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
·         Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·         Guru membimbing kegiatan diskusi informasi tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
·         Guru membimbing kepada siswa agar mencari contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
·         Melakukan diskusi-informasi tentang efek samping dari zat adiktif dan psikotropika

c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
o    berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
o    membantu menyelesaikan masalah;
o    memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
o    memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
o    memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

50 Menit
3.
Penutup :
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

15 Menit



G.    SUMBER BELAJAR
a.    Buku IPA Terpadu 8
b.    Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.    Alat dan bahan praktikum



H.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika



·      Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 

Tes tulis





Tes tulis
Tes uraian





Tes uraian
Apa yang dimaksud dengan :
a. Zat adiktif
b. Zat psikotropika



Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !










Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19                                                                                                                         NIP. 19

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More